Selasa, 02 Juli 2019

Pengertian, Fungsi dan Cara Mengamankan OTP Untuk Login / Transaksi

Contoh kode OTP dari Google
Dulu jika kita ingin masuk keakun kita entah itu akun facebook atau apa, kita hanya memerlukan Email / ID dan Password, yaaaa cukup 2 itu saja. Perkembangan zaman pun berlanjut termasuk dalam sistem keamanan, banyaknya orang yang melakukan hacking atau pembajakan keakun korban membuat pihak perusahaan rugi. Akhirnya lahirnya OTP, Apa itu OTP ? OTP adalah singkatan dari One-Time Password yang artinya adalah password tambahan yang dibutuhkan untuk memverifikasi diri kita untuk login atau melakukan aktifitas ke sebuah akun.


Akun yang kita bahas adalah umum seperti akun Steam, Facebook, dan Gmail. Tak hanya akun sosial media saja yang membutuhkan OTP, bahkan akun marketplace seperti Shopee membutuhkan OTP untuk login, selain itu juga untuk menggunakan mBanking dari bank BCA dibutuhkan OTP untuk login.

Sesuai dengan namanya OTP / One-Time Password hanya bisa digunakan 1 kali saja. Jadi ketika anda menerima kode OTP seperti 142672 nanti jika anda meminta lagi kode OTP nya akan berubah. Sekalipun jika menerima kode OTP yang sama itu kemungkinannya sangat kecil sekali.
Contoh kode OTP dari Google
OTP yang berbeda-beda dari Google
Klik Gambar Untuk Memperbesar
OTP menjadi salah satu langkah yang digunakan para perusahaan untuk mengamankan akun konsumennya. OTP biasanya dikirim melalui Email, Nomor Hp ( SMS / Telepon ), atau Akun cadangan. Contohnya jika kita ingin login Steam kita harus memverifikasi diri kita dengan cara memasukan OTP yang diberikan pihak Steam ke alamat Gmail kita, dengan cara ini pihak Steam mengetahui bahwa itu benar anda karena anda telah memegang Gmailnya.
Pengertian OTP
Contoh OTP dari Steam yang dikirim ke Email kita
Klik Gambar Untuk Memperbesar
Contoh lainnya adalah ketika anda ingin login akun Gmail di komputer lain, nantinya pihak Gmail akan mengirimkan beberapa kode biasanya 6 digit kenomor HP yang disebut OTP kode tersebut yang digunakan untuk login.

Fungsi Utama OTP

Tujuan dari dibuatnya OTP / One-Time Password adalah sebagai keamanan berlapis untuk akun anda, artinya untuk login ke akun misalkan akun sosial media tidak hanya menggunakan Email dan Password saja tetapi juga dibutuhkan OTP dengan cara ini keamanan akun kita menjadi lebih kuat.

Selain untuk keamanan saat Login OTP juga berguna untuk melakukan transaksi, banyak marketplace atau pasar online memberikan OTP sebelum transaksi misalkan Tokopedia sebelum kita membeli Voucher di Tokopedia kita harus memverifikasikan diri kita dengan OTP yang pihak Tokopedia berikan

Apakah OTP Saja Sudah Cukup ?

Tidak ! semua keamanan akun itu tergantung dari pemegang akun tersebut. Memang betul dengan OTP keamanan akun kita menjadi berlapis, tapi bagaimana jika ada penyusup yang 'meminta' OTP.

Ini sumber masalahnya, ketika para perusahaan menggunakan OTP sebagai keamanan tambahan tetapi masih banyak konsumen yang terkena hacking. Ini bukan karena lemahnya sistem keamanan melainkan kelalaian pada diri kita. Sudah banyak kasus pembajakan dengan modus meminta OTP.

Oleh karena itu jangan sampe sembarang membagikan OTP ke orang yang tidak kita kenal

2 Tips Untuk Mengamankan Kode OTP

Contoh OTP dari Gojek
Peringatan tentang OTP dari Gojek
Klik Gambar Untuk Memperbesar
OTP ini sangat penting agar akun kita selalu aman ketika login maupun melakukan transaksi. Jangan sampai kalian kelalaian membeberkan OTP kalian ketika ada aktifitas yang mencurigakan. Saat ini banyak modus penipuan berupa meminta OTP. Berikut cara-cara mengamankan OTP anda, yukkk simak :
  1. Selalu gunakan 2 SIM yang berbeda
    Gunakan 1 nomor HP untuk umum misalkan untuk menerima SMS atau Telepon, 1 nomor lagi digunakan untuk mendaftarkan akun-akun yang membutuhkan OTP seperti akun Gmail, Facebook, dan Twitter. Jangan sampai 1 nomor untuk semua alias All in One ini bisa berbahaya untuk keamanan akun.

    Apa yang terjadi jika anda hanya punya 1 SIM Card yang digunakan untuk semua akun lalu SIM Card tersebut rusak ? ribet bukan ? apa lagi SIM Card itu digunakan untuk menerima OTP. Jika kejadian itu terjadi masih bisa diselamatkan akun yang membutuhkan OTP tetapi membutuhkan waktu berhari-hari
  2. Jangan sembarangan memberikan OTP
    Ketika ada OTP yang masuk tanpa anda melakukan aktifitas apapun pada akun, jangan asal bagikan kesiapa pun ! bahkan karyawan perusahaan itu sendiri. Terkadang penipu bisa mengecoh dengan cara berpura-pura menjadi Customer Services untuk meminta OTP ke kalian.

    Penipu biasanya menipu dengan cara mengiming-imingkan pemberian hadiah kepada anda jika anda memberika kode OTP-nya, ini adalah modus penipuan yang sering terjadi hingga sekarang.

Kesimpulan

Dengan hadirnya OTP akun-akun kita seperti akun Sosial Media akan lebih aman karena memiliki kemanan berlapis, tetapi itu tidak memungkinkan kita terkena hacking. Oleh karena itu kita harus waspada dengan oknum-oknum yang ingin meminta OTP dari kita.

Itu saja artikel dari "Pengertian, Fungsi dan Cara Mengamankan OTP Untuk Login / Transaksi" jika kalian masih bingung dengan OTP silahkan komentar yaaa dan terima kasih telah bekunjung keblog saya :))