Tak Perlu Ragu Untuk Belanja Online , Disini Ada Tipsnya

Tips Belanja Secara Online

6 Tips Belanja Online

Assalamualaikum Wr.Wb , Kali ini Alfian23 akan memberikan sebuah tips-tips untuk belanja secara online. Perkembangan sistem jual beli sekarang berkembang sangat pesat berawal dari sistem barter ( tukar barang ) hingga keuang virtual ( Rekening ). Nah dizaman modern ini untuk membeli barang tidak perlu repot ketoko langsung, kita bisa membeli nya via online. Walaupun praktis tetapi tetap saja pasti ada penipuan dan sangat susah untuk dilacak. Alfian23 akan membagikan beberapa tips agar kalian tidak menjadi korban penipuan dalam belanja online. Yukkk simak tips ini :


1. Cek Domainnya Apakah TLD Atau Bukan

Domain TLD .com
Klik Gambar Untuk Memperbesar
Ini adalah yang penting karena dengan menggunakan domain TLD ( Top Level Domain ) kita akan mengetahui keseriusan penjual dalam memasarkan produk nya contoh domain TLD itu adalah .com, .net, .org . Untuk mendapatkan domain itu tidak lah gratis harus membayar kepada sebuah penyedia domain oleh karena itu jika sebuah toko online memiliki domain TLD yang berbayar sudah pasti serius usahanya. Walaupun demikian jika terdapat subdomain seperti .blogspot.com, .wordpress.com, .joomla.com. bukan berarti menggunakan subdomain itu juga penipu hanya saja menggunakan domain TLD akan terlihat keseriusannya.

2. Lihat Pada Informasi Penjualnya

Dalam sistem jual beli online setiap penjual mewajibkan menyertakan identitasnya seperti nama asli, nomor HP, tempat tinggal, dll. Jika penjual / seller menyertakan nama asli pastikan nama itu sama persis dengan nama yang tertera pada KTPnya kalau bisa sebelum membeli produknya anda meminta foto KTP penjual yang asli agar tidak ada keraguan. Dengan cara ini jika anda tertipu anda bisa melaporkannya kepada pihak yang berwajib dengan mengirim foto KTP tersebut

3. Tanyakan Lokasi Penjual 

Sangat heran bukan jika penjual menjual barang tapi tidak menyertakan alamatnya ? nah oleh sebab itu kita harus mengetahui alamatnya tanyakan alamat pada penjual barang , setelah ditanyakan silahkan cek pada GOOGLE EARTH untuk menegecek kebenarannya jika itu sebuah rumah / toko mungkin saja benar , kalo pas dicek ternyata adalah lapangan / hutan pasti itu penipu. Jangan mudah terperngaruh pada alamatnya silahkan cek ulang menggunakan web-web untuk melacak tempat.

4. Lihat Foto Dan Deskripsi Barangnya 

Cara aman belanja online
Foto Produk
Klik Gambar Untuk Memperbesar
Untuk mengetahui barang yang dijual kita juga harus memiliki fotonya bukan ? mintalah foto produk tersebut kepada penjual dan pastikan minta foto diberbagai sudut untuk mengecek keadaannya. Selain itu juga deskripsi produk sangat lah penting seperti nama barang, tanggal produksi, tempat produksi, barcode ( jika ada ), ukuran, warna, dll. Tanyakanlah deskripsi produk kepada penjual agar kita memastikan gambaran produknya

5. Cek Testimonialnya

Testimonial pada belanja online
Testimonial Alfiandi_Store
Klik Gambar Untuk Memperbesar
Testimonial adalah mereview produk setelah diterima oleh pembeli. Testimonial yang baik itu berisi tentang kapuasan pembeli terhadap barang maupun kapada penjual. Jika penjual memiliki testimonial yang cukup banyak dan 100% asli pembelinya itu tidak masalah, lalu bagaimana jika tidak memiliki testimonial ? bukan berarti penipu yaaa mungkin saja toko itu baru buka jadi belum memiliki testimonial .

6. Gunakan Rekber Saat Transaksi Berlangsung

Sistem Rekening Bersama
Klik Gambar Untuk Memperbesar
Apaitu Rekber ? Rekber adalah Rekening Bersama, dalam sistem jual online Rekber sebernya sangat dibutuhkan agar terhindar dari penipuan. Bagaimana sistem kerja Rekber ?
Pertama, Anda dan penjual harus sepakat kepada pihak ketiga / rekber
Kedua, Anda transfer uang sesuai dengan harga produk kepada jasa Rekbernya
Ketiga, Jasa rekber akan mengkonfirmasi dan akan bilang kepada penjual barang
Keempat, Penjual akan mengirim barangnya dan mengirim nomor Resi
Kelima, Jasa rekber akan mentransferkan uangnya ke penjual
Keenam, Anda menerima barangnya
Biasanya menggunakan jasa rekber memerlukan fee / pajak sekitar Rp5.000 atau sesuai ketentuan jasa rekbernya.

Cara diatas belum tentu anda bisa terhindar dari penipuan. Sebaiknya anda harus lebih teliti lagi dalam berbelanja online, jika anda tertipu silahkan laporkan kepada pihak yang berwajib. Semoga tips belanja online ini dapat menghindarkan anda dari penipuan, sekian dari saya terima kasih telah berkunjung :)


Posting Komentar

4 Komentar

- Jika telah membaca artikel, jangan lupa berkomentar -
- Kalau ada kesalahan, silahkan koreksi dikomentar -
- Kalau ada saran, silahkan berkomentar -
- Berkomentarlah dengan baik dan benar -